Selasa, 01 Januari 2013

Euforia Masyarakat Jakarta Menyambut Gubernur Baru

Jokowi-Ahok



Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama akhirnya resmi ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Hal ini setelah dilakukan serangkaian acara pelantikan keduanya. Pelantikan dimulai dari Sekretaris Dewan DPRD DKI Mangara Pardede membacakan tentang Keputusan Presiden. Selanjutnya, dibacakan pula pengesahan pengangkatan Ir Haji Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta masa 2012-2017 dan Basuki Tjahaja Purnama, MM sebagai Wakil Gubernur DKI masa jabatan 2012-2017 dengan diberikan gaji pokok dan tunjangan kepala daerah sesuai peraturan perundang-undangan, berlaku sejak pelantikan pejabat. Setelah itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengambil sumpah jabatan dan pelantikan. Pengambilan sumpah janji jabatan mengandung tanggung jawab kepada Indonesia dan UUD 1945 serta bertanggung jawab pada kesejahteraan rakyat. Kemudian, Jokowi-Basuki menandatangani berita acara pelantikan. 

Acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) beberapa bulan lalu disambut meriah oleh ribuan pendukungnya yang berasal dari berbagai daerah di Jakarta. Mereka tumpah ruah bersuka ria sambil bernyanyi-nyanyi di depan Gedung DPRD DKI Jakarta, tempat pelaksanaan pelantikan di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kegembiraan para pendukung Jokowi-Ahok tersebut tak pecahnya seperti sebuah perayaan karnaval. Bahkan para pedagang kaki lima secara sengaja oleh tim sukses Jokowi disedikan secara gratis bagi masyarakat yang hadir disana. Berbagai macam menu makanan tersedia dan siap dilahap, tidak hanya bagi pendukung Jokowi tetapi juga semua orang yang hadir di lokasi.

Warga yang memadati Jalan Kebon sirih datang dengan keunikannya masing-masing. Ada yang menggunakan baju kotak-kotak, baju batik, baju merah, serta atribut-atribut lain yang bertuliskan ucapan selamat dan dukungan kepada gubernur dan wakil gubernur baru. Euforia kebahagiaan warga Jakarta mengalahkan panasnya cuaca di sekitar gedung DPRD DKI. Selain itu, beberapa warga dari Masyarakat Pencinta Delman berkonvoi dengan menggunakan 12 delman di Jalan Kebon Sirih. Mereka memasang spanduk ucapan selamat atas terpilihnya Jokowi-Basuki sebagai pemimpin warga Jakarta. Dalam kesempatan itu, mereka juga menuntut agar delman di lestarikan, khususnya yang beroperasi di Monumen Nasional (MONAS). Walaupun tidak ada layar lebar untuk memantau jalannya proses pelantikan di ruang paripurna gedung DPRD DKI Jakarta, jumlah massa semakin bertambah. Mereka mendengarkan orasi-orasi yang berisi dukungan dan harapan agar Jokowi-Basuki dapat menjadi pemimpin yang melayani.


Sumber:
http://www.harianjogja.com/baca/2012/10/15/pelantikan-jokowi-suasana-bak-pesta-rakyat-copet-pun-ikut-berpesta-339116
http://megapolitan.kompas.com/read/2012/10/15/11451965/Konvoi.Delman.di.Pelantikan.Jokowi-Basuki
http://megapolitan.kompas.com/read/2012/10/15/11012672/Jokowi-Basuki.Resmi.Pimpin.DKI.Jakarta

Nama: Soraya Imaniar N. H.
NPM: 26210661
Kelas: 3EB15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar