Sabtu, 30 Oktober 2010

Menu Layanan SAP online Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma yaitu salah satu Universitas swasta di Indonesia yang dalam perkuliahannya sangat memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang luas. Universitas Gunadarma menyediakan menu layanan online bagi para mahasiwanya agar mempermudah mahasiswanya dalam mengerjakan tugas atau mencari informasi mengenai dunia perkuliahan mereka. Beberapa menu layanan yaitu BAAK online, Studentsite, E-learning, SAP online, V-class, Warta Warga dan masih banyak menu layanan online lainnya.

Pasti anda tidak mengetahui apa itu SAP? Baiklah kali ini saya akan membahas salah satu menu layanan online Universitas Gunadarma yaitu menu layanan SAP online. Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.

Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar. 
Menu layanan yang terdapat di SAP online antara lain:
1. BAAK online yaitu menu yang berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

2. Halaman Utama yaitu menu yang berisi mengenai arti dari SAP online dan berita yang ada di SAP online.

3. Daftar SAP yaitu menu yang berisi daftar jurusan untuk melihat suatu daftar SAP. Dalam menu ini kita dapat mendownload materi yang ada dalam mata kuliah jurusan kita, seperti mata kuliah Pengantar  Bisnis,  Pengantar Akuntansi 1, Bahasa Inggris 1 dan lainnya.

4. Search SAP yaitu menu yang dapat kita gunakan untuk mencari materi berdasarkan kata kunci mata kuliah, misalnya: pengantar, informasi dan lain-lain.

5. Daftar Koordinator yaitu menu yang berisi nama-nama koordinator dari setiap mata kuliah dan program studinya.

6. Back yaitu layanan perintah menu untuk kembali ke menu sebelumnya.


Sumber:
http://sap.gunadarma.ac.id/

Nama: Soraya Imaniar N. H.
Kelas: 1EB15
NPM: 26210661

Tidak ada komentar:

Posting Komentar