Nama: Soraya Imaniar N. H.
Kelas: 1EB15
NPM: 26210661
1. Pengertian Manajemen
Berikut adalah pengertian manajemen menurut para ahli, yaitu:
 Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,  kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta  penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai  tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
2.Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
3.Menurut R. Terry
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari  tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan  pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang  telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya  lainnya. 
Sebenarnya pengertian Manajemen itu sangatklah banyak dan luas tapi inti dari semua pengertian itu yaitu: 
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan,  seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan  pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai  tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan  sumber daya lainnya”
2. Fungsi Manajemen 
Secara umum, ada empat fungsi manajemen yang  sering orang menyebutnya “POAC”, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controling. Suatu manajemen bisa dikatakan berhasil jika keempat fungsi di atas bisa  dijalankan dengan baik. Kelemahan pada salah satu fungsi manajemen akan  mempengaruhi manajemen secara keseluruhan dan mengakibatkan tidak  tercapainya proses yang efektif dan efisien.
 -Planning 
Planning  adalah kemampuan untuk merencanakan suatu tindakan yang tepat dan  akurat. Untuk memudahkan menyusun rencana tersebut maka harus bisa  menjawab rumus 5W+1H yaitu WHAT (apa) yang akan dilakukan, WHY (mengapa)  harus melakukan apa, WHEN (kapan) melakukan apa, WHERE (dimana)  melakukan apa, WHO (siapa) yang melakukan apa, HOW (bagaimana) cara  melakukan apa.
- Organizing
Organizing  adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pembagian tugas.  Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan  menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang  telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara  menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus  mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang  bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana  keputusan harus diambil.
- Actuating
Actuating  adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan bagaimana cara  menggerakkan kerabat kerja (sumber daya manusia) sesuai dengan pembagian  tugas yang telah dilakukan pada fungsi Organizing. Jadi, actuating  mempunyai prinsip menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan  sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai  tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan  adalah kepemimpinan (leadership).
- Controling
Controlling adalah  suatu proses pengawasan untuk mengukur atau membandingkan antara  perencanaan yang telah dibuat dengan pelaksanaan yang telah di capai.  Dengan adanya pengawasan ini, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan  atau penyimpangan. Biasanya kelemahan pada fungsi inilah yang paling  sering membuat gagalnya suatu manajemen. 
3. Unsur-Unsur Manajemen
Unsur-unsur manajemen yang dimaksudkan ialah yang diistilahkan dengan 6 M (The Six M), yaitu:
- Man
 Manusia (pelaksana yang handal dan terampil)
- Money
 Keuangan (ketersediaan dana)
- Machines
 Perlengkapan mesin-mesin sebagai alat bekerja (apabila diperlukan)
- Methods
 Metode (cara)
- Materials
 Sarana dan prasarana
- Market
 Pemasaran (pemasyarakatan dan pembudayaan)
Agar unsur-unsur manajemen di atas dpaat berfungsi sebagaimana mestinya, harus ditunjang pula dengan adanya fungsi-fungsi manajemen. Hal demikian ditempuh sekaligus dalam rangka memantapkan pelaksanaan manajemen.
 Menurut Ahli Henry Fayol, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari:
- Pembagian kerja (Division of work)
- Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
- Disiplin (Discipline)
- Kesatuan perintah (Unity of command)
- Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
- Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
- Penggajian pegawai
- Pemusatan (Centralization)
- Hirarki (tingkatan)
- Ketertiban (Order)
- Keadilan dan kejujuran
- Stabilitas kondisi karyawan
- Prakarsa (Inisiative)
- Semangat kesatuan, semangat korps
Sumber:
http://organisasi.org/pengertian_definisi_dari_manajemen
http://revolsirait.com/pengertian-manajemen
http://perhimakbandung.org/index.php?option=com_content&view=article&id=78:mengenal-fungsi-manajemen&catid=38:artikel&Itemid=66 
http://www.tpamujahidin.com/index.php?option=com_content&view=article&id=46:unsur-unsur-manajemen&catid=15:lpptk-tpa&Itemid=8
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar